Jumat, 30 Mei 2014

Alat-alat (Tools) Manajemen

Alat-alat (Tools) Manajemen

Money atau Uang merupakan salah satu unsur yg tdk dpt diabaikan. Uang merupakan alat tukar & alat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiatan dpt diukur dari jumlah uang yg beredar dalam perusahaan. Oleh karena itu uang merupakan alat (tools) yg penting ukt mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan berhubungan dgn berapa uang yg harus disediakan ukt membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yg dibutuhkan & harus dibeli serta berapa hasil yg akan dicapai dari sesuatu organisasi.
Untuk mencapai tujuan yg telah ditentukan diperlukan alat-alat sarana (tools). Tools merupakan syarat sesuatu usaha ukt mencapai hasil yg ditetapkan. Tools tersebut dikenal dgn 6M, yaitu men, money, materials, machines, method, & markets.
Man merujuk pd sumber daya manusia yg dimiliki oleh organisasi. Dalam manajemen, faktor manusia adl yg paling menentukan. Manusia yg membuat tujuan & manusia pula yg melakukan proses ukt mencapai tujuan. Tanpa ada manusia tdk ada proses kerja, sebab pd dasarnya manusia adl makhluk kerja. Oleh karena itu, manajemen timbul karena adanya orang-orang yg berkerja sama ukt mencapai tujuan.
Material terdiri dari bahan setengah jdi (raw material) & bahan jadi. Dalam dunia usaha ukt mencapai hasil yg lbh baik, selain manusia yg ahli dalam bidangnya juga harus dpt menggunakan bahan/materi-materi sbg salah satu sarana. Sebab materi & manusia tidaki dpt dipisahkan, tanpa materi tdk akan tercapai hasil yg dikehendaki. Machine atau Mesin digunakan ukt memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yg lbh besar serta menciptakan efesiensi kerja.
Metode adl sesuatu tata cara kerja yg memperlancar jalannya pekerjaan manajer. Sebuah metode daat dinyatakan sbg penetapan cara pelaksanaan kerja sesuatu tugas dgn memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kpd sasaran, fasilitas-fasilitas yg tersedia & penggunaan waktu, serta uang & kegiatan usaha. Perlu diingat meskipun metode baik, sedangkan orang yg melaksanakannya tdk mengerti atau tdk mempunyai pengalaman maka hasilnya tdk akan memuaskan. Dengan demikian, peranan utama dalam manajemen tetap manusianya sendiri.
Market atau pasar adl tempat di mana organisasi menyebarluaskan (memasarkan) produknya. Memasarkan produk sudah barang tentu sangat penting sebab bila barang yg diproduksi tdk laku, maka proses produksi barang akan berhenti. Artinya, proses kerja tdk akan berlangsung. Oleh sebab itu, penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dpt dikuasai maka kualitas & harga barang harus sesuai dgn selera konsumen & daya beli (kemampuan) konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar