Jumat, 30 Mei 2014

MANAJEMEN KUANTITATIF

Manajemen Kuantitatif

Metode kuantitatif adalah ilmu dan seni yang berkaitan dengan tata cara (metode) pengumpulan data, analisis data, dan interpretasi hasil analisis untuk mendapatkan informasi guna penarikan kesimpulan dan pengambilan keputusan. (Tuban, 1972 dalam Solimun, 2001). Render, B., et al, 2006 mengemukakan metode kuantitatif adalah pendekatan ilmiah untuk pengambilan keputusan manajerial & Ekonomi.
Metode kuantitatif merupakan pendekatan yang menyangkut pendugaan parameter, pengujian hipotesis, pembentukan selang kepercayaan, dan hubungan antara dua sifat (peubah) atau lebih bagi parameter-parameter yang mempunyai sebaran (distribusi normal) tertentu yang diketahui. Metode kuantitatif berlandaskan pada anggapan-anggapan tertentu yang telah disusun terlebih dahulu, jika anggapan-anggapan tersebut tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya, apalagi jika menyimpang jauh maka keampuhan metode ini tidak dapat dijamin atau bahkan dapat menyesatkan
Selanjutnya implementasi metode kuantitatif dapat dilakukan dalam beberapa tahapan, sebagaimanaditunjukkan pada gambar berikut:
Mengacu pada tahapan-tahapan pendekatan metode analisis kuantitatif di atas, penting untuk direnungkan dan diingat bahwa pemilihan teknik kuantitatif yang relewan sangat tergantung dari apa problem dan tujuan yang hendak dicapai. Tujuan utama riset bisnis tidak selalu diperoleh dalam lingkungan yang ketat. Pengembangan tujuan kerangka analitik dibedakan dua wilayah, yaitu: (1) Non-scientific Business Research yaitu riset bisnis yang sistematis namun tidak ilmiah dengan tujuan eksplorasi, deskriptif dan prediktif. Fokus analisisnya mengungkap fenomena yang menarik bagi akuntansi & manajemen; (2) Scientific Business Research adalah rencana riset bisnis yang sistematik dan ilmiah dimana tujuan riset dapat dideskriptif, prediksi atau kausalitas. Fokus analisisnya mendapatkan hasil yang dapat digeneralisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar