Secara universal manajemen
adalah mengelola sumberdaya organisasi baik human resources maupun
sarana, lingkungan dan keuangan yang ada secara efektif dan efisien
untuk mencapai sasaran dan tujuan organisasi.
Fungsi – fungsi Manajemen:
Secara umum fungsi-fungsi yang dijalankan manajemen adalah (planning) merencanakan (organizing) mengorganisasi, menempatkan orang (staffing), mengarahkan (directing) dan mengontrol (controlling).
a. Perencanaan (Planning):
Rencana atau plan adalah dokumen yang digunakan sebagai skema
untuk mencapai tujuan. Rencana biasanya mencakup alokasi sumber daya,
jadwal, dan tindakan-tindakan penting lainnya. Berdasarkan cakupannya,
rencana dapat dibagi menjadi rencana strategis dan rencana operasional.
Rencana strategis adalah rencana umum yang berlaku diseluruh lapisan
organisasi sedangkan rencana operasional adalah rencana yang mengatur
kegiatan sehari-hari anggota organisasi.
Berdasarkan jangka waktunya, rencana dapat dibagi menjadi rencana jangka
panjang dan rencana jangka pendek. Rencana jangka panjang umumnya
didefinisikan sebagai rencana dengan jangka waktu tiga tahun, rencana
jangka pendek adalah rencana yang memiliki jangka waktu satu tahun.
b. Mengorganisir (Organizing)
Fungsi ini berkaitan dengan usaha untuk menetapkan jenis-jenis kegiatan
yang dituntut untuk mencapai suatu tujuan tertentu, mengelompokkan
kegiatan-kegiatan tersebut berdasarkan jenisnya supaya lebih mudah
ditangani oleh bawahan. Fungsi ini mengandaikan bahwa seorang manajer
bisa mendelegasikan otoritasnya kepada bawahannya dan bawahannya bisa
memahami tanggung jawabnya masing-masing.
Struktur organisasi bisa bermacam-macam namun Struktur organisasi yang
baik adalah yang efektiv dan efisien memudahkan organisasi dalam
pencapaian tujuan organisasi.
c. Penempatan Orang (Staffing)
Fungsi ini menyangkut usaha untuk mengembangkan dan menempatkan
orang-orang yang tepat di dalam berbagai jenis pekerjaan yang sudah
didisain lebih awal dalam organisasi. Lebih jauh lagi fungsi ini
meliputi hal-hal seperti pengembangan sumber daya manusia, proses
penilaian dan promosi, pelatihan sehingga terwujudnya right man right place, yaitu penempatan orang sesuai dengan keahlian dan kompetensinya.
d. Mengarahkan (Directing)
Fungsi ini biasa juga disebut supervisi. Ini menyangkut
pembinaan motivasi dan pemberian bimbingan kepada bawahan untuk mencapai
tujuan utama. Salah satu aspek penting dari fungsi ini adalah fungsi
koordinasi, yang berarti penciptaan suatu harmoni dari individu-individu
yang berkerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Kemampuan
komunikasi menjadi kunci keberhasilan fungsi ini.
e. Mengontrol (Controlling)
Fungsi ini dijalankan untuk menjamin bahwa perencanaan bisa terealisasi
secara pasti. Ada banyak alat-alat analisa untuk suatu proses kontrol
yang efektiv. Proses kontrol
pada dasarnya selalu memuat unsur: perencanaan yang diterapkan, analisa
atas deviasi atau penyimpangan-penyimpangan yang terjadi, dan
menentukan langkah-langkah (corrective action )yang perlu untuk
mengoreksi dan memastikan tidak terulang lagi penyimpangan yang sama
dengan menganalisa akar masalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar