Senin, 26 Mei 2014

Manajemen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)


Kurikulum merupakan salah satu substansi manajemen sekolah yang sangat vital. Oleh karenanya, kurikulum perlu dikelola dengan sebaik-baiknya. Dr. Tita Lestari memaparkan tentang pengelolaan kurikulum dikaitkan dengan pengembangan sekolah unggul,  di dalamnya antara lain  memuat tentang:
1. Komponen Sekolah Unggul:
  • Sekolah yang mampu memberikan layanan optimal kepada seluruh anak dgn berbagai perbedaan bakat, minat kebutuhan belajar
  • Mampu meningkatkan secara signifikan kapabilitas yang dimiliki anak didik menjadi aktualisasi diri yang memberikan kebanggaan
  • Mampu membangun karakter kepribadian yang kuat, kokoh dan mantap dalam diri siswa
  1. Curriculum Engineering
  • Merumuskan tujuan yang hendak dicapai.
  • Mengorganisasikan bahan belajar untuk mencapai tujuan.
  • Memilih cara untuk memudahkan terjadinya belajar.
  • Menetapkan cara untuk menilai keberhasilan belajar
3. Pengembangan Kurikulum
  • Perumusan rasional atau dasar pemikiran
  • Perumusan visi, misi, dan tujuan
  • Penentuan struktur dan isi program
  • Pemilihan dan pengorganisasian materi
  • Pengorganisasian kegiatan pembelajaran
  • Pemilihan sumber, alat, dan sarana belajar
  • Penentuan cara mengukur hasil belajar
  1. Pelaksanaan Kurikulum
  • Penyusunan rencana dan program pembelajaran (Silabus, RPP: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
  • Penjabaran  materi (kedalaman dan keluasan)
  • Penentuan strategi dan metode pembelajaran
  • Penyediaan sumber, alat, dan sarana pembelajaran
  • Penentuan cara dan alat penilaian proses dan hasil belajar
  • Setting lingkungan pembelajaran
5 . Penilaian Kurikulum
  • Kekuatan dan kelemahan
  • Formatif dan sumatif
  • Konteks, input, proses, produk (CIPP)
  • Kontingensi – kongruens
  • Diskrepansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar