Kurikulum
merupakan salah satu substansi manajemen sekolah yang sangat vital.
Oleh karenanya, kurikulum perlu dikelola dengan sebaik-baiknya. Dr. Tita
Lestari memaparkan tentang pengelolaan kurikulum dikaitkan dengan pengembangan sekolah unggul, di dalamnya antara lain memuat tentang:
1. Komponen Sekolah Unggul:
- Sekolah yang mampu memberikan layanan optimal kepada seluruh anak dgn berbagai perbedaan bakat, minat kebutuhan belajar
- Mampu meningkatkan secara signifikan kapabilitas yang dimiliki anak didik menjadi aktualisasi diri yang memberikan kebanggaan
- Mampu membangun karakter kepribadian yang kuat, kokoh dan mantap dalam diri siswa
- Curriculum Engineering
- Merumuskan tujuan yang hendak dicapai.
- Mengorganisasikan bahan belajar untuk mencapai tujuan.
- Memilih cara untuk memudahkan terjadinya belajar.
- Menetapkan cara untuk menilai keberhasilan belajar
3. Pengembangan Kurikulum
- Perumusan rasional atau dasar pemikiran
- Perumusan visi, misi, dan tujuan
- Penentuan struktur dan isi program
- Pemilihan dan pengorganisasian materi
- Pengorganisasian kegiatan pembelajaran
- Pemilihan sumber, alat, dan sarana belajar
- Penentuan cara mengukur hasil belajar
- Pelaksanaan Kurikulum
- Penyusunan rencana dan program pembelajaran (Silabus, RPP: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
- Penjabaran materi (kedalaman dan keluasan)
- Penentuan strategi dan metode pembelajaran
- Penyediaan sumber, alat, dan sarana pembelajaran
- Penentuan cara dan alat penilaian proses dan hasil belajar
- Setting lingkungan pembelajaran
- Kekuatan dan kelemahan
- Formatif dan sumatif
- Konteks, input, proses, produk (CIPP)
- Kontingensi – kongruens
- Diskrepansi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar